Selasa, 06 September 2016

Penyebab Stroke Ringan di Usia Muda

Penyebab Stroke Ringan di Usia Muda -  Seperti yang kita ketahui, stroke adalah penyakit yang tidak dapat di duga kapan terjadinya, tetapi stroke adalah penyakit yang dapat diperkirakan dan dapat dicegah dengan cara mengontrol faktor-faktor resikonya.


Penyebab stroke ringan hingga berat di usia muda dan tua umumnya hampir sama karena sumbernya memang tidak berbeda. Banyak orang yang bertanya, mengapa orang lanjut usia biasanya akan terkena stroke? Hal ini menyebabkan semua orang berpikir bahwa usia bisa menjadi salah satu penyebab stroke. Memang usia bisa menjadi faktor khusus yang membuat orang bisa terkena stroke. Namum umumnya stroke bisa terjadi karena kondisi masalah kesehatan khusus atau kondisi tertentu yang membuat kondisi tubuh memburuk. Stroke bisa terjadi ketika bagian otak tidak mendapatkan nutrisi dan darah yang cukup dari jantung. Hal ini menyebabkan kematian jaringan dan sel-sel otak.

Selain itu stroke juga terjadi akibat penyumbatan pada bagian pembuluh darah. Kondisi ini bisa menjadi sangat buruk dan membuat penderita stroke kehilangan kemampuan. Berikut ini merupakan penyebab stroke yang dilihat secara lebih luas:

1. Kebiasaan Merokok
Orang yang memiliki kebiasaan merokok sejak masih muda juga bisa terkena stroke. Rokok mengandung bahan nikotin (Baca : bahaya nikotin)yang bisa masuk ke dalam tubuh lewat pembuluh darah. Kemudian nikotin yang menumpuk pada pembuluh darah bisa menyebabkan penyumbatan atau plak di bagian pembuluh darah. Hal ini akan menghalangi kerja jantung ketika memompa darah dan mengedarkan darah ke semua bagian tubuh. Termasuk ketika plak menyebabkan otak tidak bisa menerima mendapatkan pasokan darah dan nutrisi yang baik. Kemudian bisa menyebabkan stroke dan bahaya merokok meningkatkan resiko stroke hingga tiga kali.

2. Konsumsi Garam Berlebihan
Kebiasaan terlalu banyak mengkonsumsi garam dalam makanan sehari-hari juga bisa meningkatkan resiko stroke. Garam bisa mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh dan lebih sering menjadi penyakit tekanan darah tinggi. Ketika tubuh Anda memiliki banyak garam maka akan mempengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh. Ketika hal ini terjadi maka jumlah volume darah juga akan meningkat, sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Penyakit tekanan darah tinggi bisa menyebabkan stroke karena terjadi penekanan darah yang terlalu besar. Akibatnya kemungkinan pembuluh darah tidak kuat dan pecah yang bisa menyebabkan pendarahan otak. Kondisi ini biasanya akan menjadi stroke.

3. Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Orang yang menderita tekanan darah tinggi memang memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena stroke. Hal ini terjadi ketika tekanan darah dalam tubuh menjadi sangat tinggi dan menyebabkan pembuluh darah bekerja lebih keras. Kemudian tekanan darah tinggi akan meningkatkan voluma darah menjadi lebih besar. Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan berlebihan dan pendarahan dalam otak. Pendarahan inilah yang kemudian menyebabkan stroke.

Baca Juga
Selain faktor-faktor diatas Stroke juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan karena faktor-faktor resiko terjadinya stroke seperti hipertensi dan kencing manis umumnya menurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dan dalam beberapa panelitian memang ditemukan kaitan keturunan dengan angka kejadian stroke.

Stroke dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai dewasa. Tidak ada patokan mengenai usia berapa seseorang rawan terkena stroke, walaupun memang biasanya stroke menyerang seseorang yang berusia diatas 65 tahun (stroke pada anak sangat jarang dan biasanya di hubungkan dengan kelainan bawaan /kongenital). Sekarang ini, dengan pola hidup tidak sehat diperkotaan, stroke bahkan dapat menyerang seseorang yang berusia 30 tahun.

Tidak dapat dikatakan bahwa makanan yang banyak santan dan berbumbu merupakan penyebab stroke, tetapi jenis makanan yang berbumbu, bersantan apalagi berlemak akan menyebabkan penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, atau obesitas. Penyakit-penyakit itulah yang merupakan faktor resiko terjadinya stroke.

Artikel terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar